Pages

Subscribe:

Jumat, 10 Mei 2013

Tips Melatih Otak - Memacu dan Menjaga Kreatifitas

Tips Melatih Otak - Pernahkah pembaca mengalami hal yang bernama "suntuk"? Atau mungkin sering mendengar orang disekitar kita berkata "lagi ngga mood"?. Yah, dua ekspresi tadi adalah tanda hilangnya kreatifitas seseorang. Sebenarnya kenapa kreatifitas bisa hilang, dan apakah tips untuk menjaga kreatifitas kita?
Tips Melatih Otak - Memacu dan Menjaga Kreatifitas Otak

Tips Melatih Otak : Kreatifitas

Banyak orang berpendapat, kreatifitas akan muncul saat kita dalam pressure yang tinggi, tertekan. Biasanya kita tertekan oleh deadline, lalu memaksa kita memacu kemampuan kita ke batas maksimal. Namun, studi menunjukkan sebaliknya. Saat orang berusaha memenuhi deadline yang telah ditentukan, orang menjadi paling tidak kreatif. Mengapa?
Waktu yang "kepepet" tidak kondusif untuk berpikir secara jernih. Sebagian besar ide justru muncul setelah kita memberi cukup waktu untuk menumbuhkan ide itu sendiri. Berawal dari tumbuhnya ide itulah, selanjutnya akan bisa dikembangkan menjadi sebuah solusi.

Bertanya Pada Diri Sendiri: Mengapa? 

Saat kreatifitas kita menjauh, tanyakan pada diri sendiri, mengapa?. Lalu buatlah daftar alasan yang bisa pembaca temukan, seharusnya ada lebih dari 5 hal :D. Untuk masing-masing alasan, tanyakan lagi pada diri sendiri, mengapa? Lakukan hal tersebut untuk semua alasan yang pembaca temukan. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih bisa memahami penyebab ide kita menghilang. Diharapakan dengan mencari tahu sebabnya (mengapa?), kita bisa menemukan solusinya.

Tips Melatih Otak : Berbicara Pada Orang Asing 

Lakukan tips ini jika Anda adalah seorang introvert :D. Berbicara pada orang asing memacu otak kita agar menemukan bahan pembicaraan yang tidak membosankan, kalu tidak malu yang kita dapat Hal ini bisa memunculkan ide-ide yang fresh. Are you ready? Sesekali sapalah kasir minimarket tempat pembaca berbelanja, atau berterimakasihlah kepada OB di kantor, ajak bicara penjual siomay depan rumah, atau sekedar menyapa tetangga sebelah :D. Selain memperluas pergaulan, hal ini juga bisa menjaga kreatifitas otak kita.

Buka dan Baca: Kamus. 

Temukan satu kata secara acak, lalu tulis minimal 6 kata yang mempunyai relasi dengan kata yang pembaca temukan. Misal, ehhmmm, kata 'komputer'. Komputer berhubungan dengan internet, keyboard, windows, hardware, memory card, lcd, dll. Bisa dilihat, mudah sekali menemukan kata yang berhubungan. Setelah pembaca tulis semua kata-kata tersebut, cari korelasi atau hubungan dengan masalah yang sedang pembaca hadapi. Tunggu apalagi, coba sekarang juga!

Kita Adalah Selebriti

Bagaimanakah cara orang-orang besar menghadapi masalah? Temukan, lalu tiru. Apa yang akan dilakukan Conan Edogawa saat menemui kasus yang rumit? Jadikan idola kita role-model untuk langkah yang akan kita ambil. Sesuaikan kondisi-kondisi yang sekiranya perlu disesuaikan dengna posisi kita. Niteni, Niru, Nambahi. Perhatikan, Tiru, Tambahkan.

Tips Melatih Otak : Ajak Laptop Anda Berlibur

Saat benar-benar stuck dengan kondisi kita, jalanlah keluar (kota, ruangan, kantor, negara). Bawa serta gadget kesayangan Anda, bukan untuk membawa pekerjaan, tapi untuk mencatat ide yang biasanya muncul secara tak lazim. Lihat disekitar tempat tujuan Anda, biarkan pikiran berimajinasi sepuasnya, lalu lihat catatan Anda penuh dengan ide-ide gila.

Nikmatilah Hidup (Seni)

Kapan terakhir kali Anda pergi ke museum?. Kapan terakhir kali Anda menonton konser musik?. Lingkungan yang "nyeni" akan menstimulus wilayah kreatifitas pada otak kita sehinggan merangsang otak menghasilkan ide-ide baru.

Tips Melatih Otak : Sendiri Itu Indah

Menyendiri bukan berarti pergi ke gua di sebuah hutan terpencil di pedalaman Papua ya :D. Kita bisa pergi ke mall, alih-alih berbelanja, duduk atau berdirilah di suatu tempat yang nyaman di keramaian. Dari posisi tersebut, amatilah orang-orang yang ada di depan, di samping kanan, di samping kiri, di eskalator, di depan kasir, atau mungkin mereka yang sedang sibuk berbelanja. Sounds weird heh?? Memang tidak secara langsung memicu kreatifitas, tapi, hey, bukankah Anda bisa melihat hal-hal yang sama dari sudut pandang berbeda?. Pasti ada sesuatu yang Anda dapat dari pengamatan tersebut. Kalau beribu-ribu ide cemerlang bisa lahir di kamar mandi atau teman, mengapa di mal tidak?

Tips Melatih Otak : Tulislah Sebuah Cerita

Visualisasikan permasalahan Anda pada sebuah gambar atau lebih. Tidak perlu menjadi kartunis profesional kok, hehe. Gunting dan tempel di dinding kamar tidur Anda. Bayangkan gambaran tersebut adalah potongan-potongan alur cerita. Lalu rangkai kan menjadi sebuah cerita utuh. Mayoritas otak manusia itu bertipe visual, lebih mudah mencerna melalui gambar dan simbol. Cara ini bisa membawa Anda pada solusi untuk masalah Anda.

Tips Melatih Otak : Berimajinasi

Pernah dengar kutipan "Imajinasi lebih berharga dari sekedat ilmu pasti". Einstein tidak main-main saat mengutarakan kutipan tersebut. Berimajinasilah sebebas-bebasnya. Pikirkan masalah lain dalam hidup yang mirip dengan masalah yang Anda hadapi sekarang. Ingat kembali masalah-masalah yang pernah Anda hadapi sebelumnya. Sesuatu yang tidak bisa membunuh Anda, seharusnya bisa membuat Anda lebih kuat.
Seperti pisau, otak akan tumpul jika tidak pernah diasah. Jagalah kreatifitas otak Anda dengan selalu menggunakannya. Demikian tips menjaga kreatifitas dan Tips Melatih Otak. Terimakasih,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

welcome to my life

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info
Groovy Pointer 3